Rajab Bulan Mulia

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

اللهم بارك لنا في رجب وشعبان وبلغنا رمضان

Sobat Rohis yang berbahagia, Alkhamdulillah segala puji bagi Allah ta'ala yang telah mengijinkan kita pada malam hari ini sampai pada salah satu bulan yang dimuliakannya yaitu bulan Rajab.
Dalil Naqli

Kita mulai dari Al-Qur'an surat At Taubah ayat 36 tentang bulan-bulan yang dihormati 

Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram[640]. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri[641] kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.


[640]. Maksudnya antara lain ialah: bulan haram atau yang dimuliakan (bulan Zulkaidah, Zulhijjah, Muharram dan Rajab), tanah haram (Mekah) dan Ihram.
[641]. Maksudnya janganlah kamu menganiaya dirimu dengan mengerjakan perbuatan yang dilarang, seperti melanggar kehormatan bulan itu dengan mengadakan peperangan. 


Asal Muasal

Menurut riwayat, dahulu masyarakat jahiliyah sebelum Islam sudah menjadikan suatu tradisi puasa atau pengendalian. pada bulan-bulan haram atau mulia ini tidak diperkenankan mengadakan peperagan, permusuhan dan lain-lain kemudian berkembang menjadi sebuah tradisi puasa. Setelah Rasul dan Islam datang kebiasan tersebut tidak dihilangkan karena hal tersebut termasuk hal yang baik. kalau dahulu orang jahiliyah menghormati bulan haram dengan cara mereka sekarang setelah Islam datang Rasul memberi contoh misalnya dengan memperbanyak puasa sunnah, berdo'a dan upaya-upaya peningkatan ibadah. wallahu a'lam

Amalan-amalan di bulan Rajab

Yang paling populer biasanya yaitu puasa sunnah.
Sebenarnya para ulama' berpendapat tentang tidak adanya hadist shahih tentang puasa pada bulan Rajab. semua hadist yang menerangkan tentang puasa di bulan Rajab masih di golongkan kedalam hadist lemah atau dhoif. namun selama amalan ini tidak merusak aqidah akan tetapi mebuat kita lebih dekat kepada Allah, insya'allah Allah akan meridhoi. selain itu banyak amalan-amalan lain yang sering dilakukan dan berkembang di masyarakat misalnya ziarah kubur, merayakat Isra' Mi'raj dan lain-lain.

Yang terpenting bagi kita adalah kita boleh-boleh saja melakukan kebiasaan-biasaan tersebut walaupun pada akhirnya itu termasuk bid'ah (hal baru), TApi Walaupun begitu itu termasuk bid'ah khasan yang memang diperbolehkan Rasul.
Kesimpulan
Dalam kita hidup di dunia ini marilah kita hendaknya memanfaatkan segala keadaan untuk lebih mendekatkan kita kepada Allah SWT. Dengan senantiasa menjalankan perintah dan meninggalkan perbuatan yang dilarang-NYA.
Tidak hanya pada bulan ini saja kita meningkatkan ibadah kita namun juga pada bulan-bulan yang lainnya.
kemudian sering kita mendengar Rasul pernah mengajarkan sebuah doa sebagaimana berikut,
اللهم بارك لنا في رجب وشعبان وبلغنا رمضان
Artinya : Ya Alloh berkahilah kami dibulan Rajab dan Sya’ban dan sampaikanlah kami kepada Bulan Ramadhan.

Dari Do'a diatas juga tidak ada salahnya kalau kita amalkan lebih-lebih kita pahami maksud apa yang terkandung dari do'a Rasul diatas.


Demikianlah sekelumit mengenai bulan Rajab, semoga dapat bermanfaat. dan sekali lagi semua pengetahuan dan kebenaran adalah milik Allah, kita hanya diberi pengetahuan yang terbatas.maka dari keterbatasan ini apabila ada kesalahan tulisan yang kami buat ini mohon dimaafkan lebih-lebih dikoreksi untuk diperbaiki.

Afdholu ma qultu anna wanabiyyuna min qobli LAA ILAAHA ILLALLAH, LAA ILAAHA ILLALLAH, LAA ILAAHA ILLALLAH, MUHAMMAD RASULULLAH.

2 komentar:

{ Unknown } at: 13 Juni 2012 pukul 20.29 mengatakan...

Postingannya manfaat. Terus semgant ya? kembangin artikel siraman rohaninya disini.

{ Unknown } at: 17 Juni 2012 pukul 20.32 mengatakan...

terimakasih sob, atas dukungannnya

Posting Komentar

Berikanlah komentar Sobat, karena komentar Sobat sangat berarti bagi kami (^_^)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...